Simbol

Pernahkah kita berpikir, di salah satu adat perkawinan, mengapa orang-orang melemparkan guntingan kertas bewarna-warni kepada pengantin wanita ketika menikah? Sementara, beberapa orang lain melemparkan bulir padi atau beras (Di adat mana ya?). Orang-orang tersebut mengulangi simbol yang berusia ribuan tahun. bulir padi itu penting. Ia akan tumbuh menjadi tanaman tahun depan yang menghidupi kita. Dengan menyebarkan  bulir padi ke arah pengantin wanita, kita tunjukkan bahwa kita berharap segala keinginannya terkabul. sebuah simbol adalah sesuatu hal yang mewakili atau melambangkan benda lain atau karakter.

Sebuah benda yang sama, bisa benda biasa atau benda simbolis. Misalnya, kucing dapat menjadi simbol segala sesuatu yang gaib, karena dahulu orang Eropa percaya bahwa pandai sihir suka berubah menjadi kucing (kayak di film “Bewitched” yang diperankan oleh Nicole Kidman). Di Mesir kuno, kucing dianggap demikian istimewa karena kucing menyimbolkan Isis (Ibu para Dewi) dan orang memerlukan perlindungan terhadap kejahatan (kalo di hieroglif biasanya banyak gambar kucing2nya, iya kan?)

Lain hal di Cina, terdapat suatu simbol yang terkenal yaitu Yin dan Yang. Simbol ini menceritakan bahwa ada dua kekuatan di alam semesta yaitu wanita dan pria. yang selalu berlawanan tapi selalu melengkapi. Yin bersifat pasif, sedih, gelap, feminin, responsif, dan dikaitkan dengan malam. Yang bersifat aktif, terang, maskulin, agresif, dan dikaitkan dengan siang. Yin disimbolkan dengan air, sedangkan Yang disimbolkan dengan api. Bersama keduanya merupakan kekuatan hidup yang tidak terpisahkan. Masih banyak simbol-simbol lain yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan perlambangan daru suatu bentuk.

Jadi, apa simbolmu? 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s