Hypnotherapy.

 

Kemarin, Rabu 12 Desember 2012, saya dan suami pergi ke Galenia MCC, Bandung, untuk melakukan hypnotherapy. Berhubung, selama 5 hari sebelumnya kondisi tubuh saya mengalami penurunan kembali. Tidak cukup muntah-muntah, hingga hampir pingsan karena sakit kepala luar biasa yang sangat tiba-tiba. Selain itu, juga kejang-kejang perut sepanjang hari. Yang saya khawatirkan hanya si dedek di dalam perut, semoga dia tidak apa-apa.

Kenapa tidak ke dokter? Sebenarnya saya menghindari untuk diberi lebih banyak jenis obat. Walaupun yang diberi selama kehamilan hanya vitamin saja. Tapi tetap saja, kekeuh tidak mau. Minum pil vitamin hamil saja malasnya sudah luar biasa, apalagi ditambah obat beneran. Selama hidup, saya paling bandel kalau harus disuruh minum obat. Kadang kalau sakit dan diberi antibiotik, tidak pernah saya habiskan. Padahal itu kebiasaan jelek, mengingat antibiotik itu harus diminum sampai habis walaupun sudah sembuh dari sakit.

Lagipula saya memilih untuk mencoba hypnotherapy, tujuannya iseng saja. Saya hanya ingin mengetahui seperti apakah metode tersebut. Kalau ternyata bagus, nanti saya bisa belajar sendiri saja di rumah lewat internet. Yang penting saya paham dulu konsepnya seperti apa.

Di Galenia saya bertemu dengan Pak Arif, sang therapist. Setelah menceritakan duduk permasalahan saya secara umum, kemudian kita langsung mempraktekannya. Selama praktek, saya diminta untuk mengambil posisi tubuh yang rileks dan mengambil nafas dengan dihayati. Selain itu, saya diminta untuk membayangkan suatu tempat yang indah atau disukai dan mencoba merasakannya kalau saya benar-benar sedang berada di sana.

Setelah diminta untuk membayangkan yang bagus-bagus, kemudian saya diminta membayangkan keadaan sebaliknya. Untuk kasus saya yang memiliki masalah dengan nafsu makan dan gangguan pencernaan, saya membayangkan rasa mual yang pernah saya hadapi. Setelah itu, beliau mensugestikan ke diri saya untuk melakukan proses pembuangan rasa mual tersebut dengan penganalogian jari telunjuk saya sebagai kran air. Terakhir, saya diminta untuk membayangkan makanan-makanan yang saya suka dan beliau meminta diri saya sendiri untuk mensugestikan yang baik-baik baik untuk makanan tersebut.

Ternyata cukup menyenangkan. Inti dari hypnotherapy itu sebenarnya adalah memusatkan konsentrasi kita pada pikiran kita melalui pernafasan, seperti yang dilakukan pada yoga. Saya pun lebih rileks sehabisnya. Mungkin karena saya juga cenderung tipe orang yang mudah berubah mood. Jadi sejak saat itu, saya jadi mengerti bagaimana cara mengkondisikan pikiran saya sendiri.

Kalau saya telusuri dari literatur. Hypnotherapy memiliki makna yaitu sebuah metode pengobatan/ terapi yang memanfaatkan metode hipnosis. Hipnosis sendiri (berasal dari bahasa Yunani “hypnos” yang berarti tidur) mengambil istilah “neuro-hypnotism” yang pertama kali digunakan oleh James Braid (1841) seorang ahli bedah Skotlandia. Neuro-hypnotism berarti tidurnya sistem saraf.

Jadi bisa dibilang, seseorang yang di-hypnotherapy itu seperti cuci otak. Sang hypnotherapist mengubah kondisi si pasien yang sadar menjadi tidak sadar dan memasukkan sugesti-sugesti positif untuk kesembuhannya.

Nah, kita juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Peralatan yang perlu disiapkan hanya seperti musik yang berisi suara-suara alam (ombak, angin pengunungan, kicauan burung, dsb) dan bau-bauan aromatherapy yang menyenangkan. Selanjutnya, lakukan teknik pengambilan nafas yang dapat membuat diri kita rileks dan berikan sugesti-sugesti positif ke dalam diri kita sendiri.

Lama waktu hypnotherapy yang bisa dilakukan tergantung tiap orang dan kondisinya. Saran saya sih, lakukan hingga kamu merasa baikan saja, hehe. Lebih bagus lagi, kalau dilakukan sebelum tidur. Sehingga, insya Allah keesokan harinya, bisa bangun dengan lebih segar. Selamat mencoba! 🙂

Salam hangat,

ttd1

One Comment Add yours

  1. website says:

    Nice post. I learn something new and challenging on blogs I stumbleupon everyday. It will always be useful to read through content from other authors and use something from other sites.

Leave a Reply

